Griya-nipun Ferry Hendrayana

tempat berlindung dari panasnya hidup ini

Debian Squeeze di Thinkpad Edge

Sudah lama sekali saya tidak berbagi tutorial di blog ini. Mumpung ada kesempatan, saya akan berbagi sedikit tutorial tentang sesuatu yang saya senangi dan kagumi.

Dari Debian

Linux….well, linux adalah OS pertama yang paling saya benci, nanti saya ceritakan kenapa saya begitu membencinya. Karena saking bencinya, saya bertekad untuk membuktikan betapa jeleknya linux. Namun setelah menginstall linux, saya semakin penasaran…penasaran…penasaran dan akhirnya memutuskan untuk memakai Linux setiap hari.

Cukup untuk cerita ngalor-ngidulnya, yang Insya ALLAH akan saya ceritakan di laen kesempatan.

Bermula ketika berniat menginstall ulang notebook yang sebelumnya berbaju Ubuntu berganti baju kembali ke Debian, karena debian baru saja merilis Debian Squeeze stable version. Notebook saya adalah Thinkpad Edge 14. Proses install berjalan seperti biasanya, hanya terdapat error pada waktu scanning network. Ternyata wireless bawaan Thinkpad tidak dapat berjalan dengan baik, dan memerlukan firmware non free. Karena Debian adalah OS yang totally free, maka untuk firmware yang non-free harus diinstall sendiri.

Untuk yang mengalami masalah yang sama bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

Download beberapa package yang dibutuhkan beserta dependency nya :
firmware-iwlwifi (non-free)
wireless-tool
libgnome-bluetooth7
libnm-util1
libnm-glib2
libnm-glib-vpn1
network-manager
network-manager-gnome

Install berdasarkan urutan diatas, karena package diatas saling mempunyai dependency yang berurutan. Tentu untuk proses ini bisa dijalankan dengan offline, karena wifi nya belum bisa bekerja sehingga harus mendownload satu per satu dan menginstallnya secara berurutan. Untuk yang sudah bisa menggunakan jaringan kabel, proses installasi akan berjalan lebih mudah.

Setelah proses installasi selesai, wifi dapat dinyalakan dengan menggunakan perintah :

ifconfig wlan0 up

Setelah itu silakan konfigurasi wifi anda, bisa menggunakan terminal atau menggunakan GUI melalui network manager yang telah diinstall tadi.

Have a nice working with debian…!!!!!

Tinggalkan Balasan

