Griya-nipun Ferry Hendrayana

tempat berlindung dari panasnya hidup ini

Bekerja Dengan Tortoise SVN

Buat sebagain programmer yang berpengalaman dalam menyelesaikan proyek yang diselesaikan oleh sebuah tim (terdiri dari beberapa programmer) Seharusnya mengenal version control, karena dalam pengerjaan suatu proyek yang dikerjakan oleh beberapa programmer pasti akan mengalami suatu kekacauan bila dikerjakan tanpa version control, misalkan terdapat 2 programmer yang bekerja pada file yang sama, dan juga ketika ditemui error dalam program maka akan sangat sulit untuk mengembalikan ke dalam kondisi sebelumnya (yang tidak error). Dengan menggunakan version control kita bisa mengontrol semua perubahan file-file kita, sehingga ketika suatu saat mengalami error maka kita dapat mengembalikan ke posisi sebelumnya yang tidak error.

Untuk version control yang digunakan adalah tortoise svn, berikut adalah howto penggunaan tortoise svn.

TortoiseSVN ini adalah free, kata nenek moyangku “kalo ada yang gratis buat apa bayar”, bukan begitu…he he he

Instalasi

Tortoise SVN dapat diperoleh di http://tortoisesvn.tigris.org/ download dan lakukan proses instalasi (tinggal next…next…dan next… :D). Ada baiknya setelah proses instalasi, restart komputer Anda explorer dan tortoise svn terintegrasi dengan baik.

Membuat Repository Baru

Buat folder baru mis D:\repository yang akan digunakan untuk menyimpan semua repository Anda. Kemudian buat folder web di dalam D:\repository yang digunakan untuk menyimpan repository proyek web.

Masuk kedalam D:\repository\web, kemudian klik kanan, pilih TortoiseSVN –> Create Repository Here, seperti pada gambar dibawah ini

Dari tutorial
Dari tutorial

Kemudian pilih yang FSFS

Repository telah dibuat, kemudian klik kanan pada sembarang explorer pilih TortoiseSVN –> Repo Browser , klik kanan create new folder, buat folder baru trunk. maka akan muncul seperti berikut

Dari tutorial

Check Out pada client

Kemudian lakukan check out pada komputer client, langkah pertama map network directoy repository yang ada pada server. Pada client juga harus terinstall TortoiseSVN.

Lakukan checkout, browse Url of repository ke folder repo pada server, dan checkout directory ke folder tempat code proyek kita, seperti pada gambar dibawah ini

Dari tutorial

repository antara client dan server telah dibuat.

Sebelum Anda mengawali kerja, browse directory kerja Anda klik kanan pilih Update (agar directory anda melakukan proses update file dari repo server, sehingga isi folder anda sama dengan folder server), ketika akan pulang lakukan dengan klik kanan commit (agar perubahan yang telah anda buat tercantum pada server).

Untuk tutorial yang lebih lengkap dan jelas dalam bentuk pdf, menyusul ya..sekarang lagi persiapan buat UAS..

Semoga bermanfaat, terima kasih

4 responses to “Bekerja Dengan Tortoise SVN

  1. iwansetiawan Januari 2, 2008 pukul 9:52 pm

    Udah siap jagi programmer sejati nih kayaknya . . . . keep programming and tangan kriting . . .😀

  2. aageboi Oktober 14, 2008 pukul 10:33 am

    mo nanya, sy pake tortoiseSVN disimpen diserver, trus sy mau checkout dari komputer client pake tortoseSVN yg udah di install di client tp kok error aja ya?
    sy udah sharing folder repository nya terus sy jg udah bikin map network drive buat repository itu, tp kok ada error aja pas checkoutnya.
    Terimakasih.

  3. noval Oktober 26, 2008 pukul 5:06 pm

    kapan2 tutorial fer … pengen belajar2 svn neh …

  4. Ferry Hendrayana November 4, 2008 pukul 8:52 am

    @aageboi
    permission file sharingnya sudah di cek..??

    @noval
    yups.. yo ki tutoriale.. hehehehhe.. iso ku yo ngene2 tok val..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: